Selasa, 04 Maret 2014

BANYAK PROFESI DALAM DUNIA PENERBANGAN



Di saat kita bepergian dengan pesawat terbang,  pernahkah berpikir siapa sajakah orang yang punya peran  dalam penerbangan kita itu ?  yang seringkali ada dipikiran kita biasanya pilot dan pramugari. Karena memang merekalah yang selalu tampil di hadapan para penumpang. Padahal ada banyak profesi yang punya peran di dalam dunia penerbangan.  Mari kita lihat, siapakah mereka ?

1.Pilot
Pilot merupakan pemeran utama dalam adegan pesawat terbang, pilot adalah orang yang bertugas untuk menerbangkan pesawat terbang,baik untuk penerbangan sipil maupun penerbangan militer. Pilot bertanggung jawab selama jalannya penerbangan tersebut. Dari mulai take-off sampai mendarat lagi. Di pundak sang pilotlah seluruh nyawa para penumpang “di titipkan”.Maka dari itu Pilotlah yang sangat bertanggung jawab terhadap para penumpangnya.  
2. Flight Attendant / Pramugari
Flight Attendant atau yang kita kenal sebagai pramugari merupakan pemeran terpenting kedua setelah pilot ketika pesawat mengudara. Pramugari selain bertugas untuk membantu keperluan penumpang juga bertugas sebagai pendamping para penumpang agar penumpang selalu dalam keadaan aman dan nyaman. Pramugri akan menyampaikan demo tentang prosedur keselamatan dalam penerbangan, prosedur ketika dalam kondisi darurat,serta mengarahkan penumpang untuk mengikuti prosedur keselamatan
3. ATC (Air Traffic Controller)
ATC atau Air Trafic Controller  adalah yang bertugas  di tower setiap bandara.  ATC inilah yang bertugas sebagai pengatur lalulintas udara. Lalu lintas yang dikontrol oleh ATC adalah lalu lintas pada controlled airspace. Dalam menjalankan tugasnya, ATC memperhatikan pergerakan pesawat menggunakan radar yang ada.  Kemudian ATC akan memberikan informasi atau instruksi kepada pilot melalui komunikasi suara maupun data.  Karena peran mereka dua pesawat yang sedang terbang berlawanan arah tidak akan terjadi tabrakan, tersesat dan sebagainya..
4. AME (Aircraft Maintenance Engineer)
Sebelum pesawat siap dan bisa beroperasi (untuk diterbangkan), maka AME harus melakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi pesawat laik terbang. Apabila ada permasalahan di pesawat, maka seorang AME yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan itu.
Itulah tugas seorang AME ata u bisa disebut Aircraft Maintennce Engineer, seorang AME harus memastikan pesawat dalam kondisi laik udara sebelum pesawat lepas landas. Semua pekerjaan dari AME harus berdsarkan pada dokumen yang resmi  (approved manual). Dan semua pekerjaan yang dilakukan di pesawat harus dicatat pada sebuah buku catatan khusus tenteng kondisi pesawat yang dinamakan aircraft maintenance log book.
4. FOO (Flight Operation Officer)
FOO-Flight Operations Officer atau yang dikenal sebagi “The Captain On Ground” atau Pilot darat merupakan seorang personel berlisensi yang mengoperasikan pesawat udara terutama penerbangan yang berjadwal yang mengatur penerbangan dari darat.  Perbedaan utama FOO dengan penerbang:  FOO tidak mengemudikan pesawat.tetapi seorang FOO harus mengetahui semua dasar penerbangan yang dipelajari oleh seorang penerbang juga. Tugas FOO adalah : membuat rencana penerbangan (pre-flight planning), Menentukan  atas delay/tidaknya pesawat, dan dispatch release (melepas sebuah pesawat untuk menjalankan penerbangan).
5. Marshaller
Pernahkah melihat  seorang petugas parkir ketika ingin memarkirkan kendaraan  di lahan parkir..? nah begitupun dengan pesawat terbang. Pesawat terbang juga ada petugas parkirnya  Marshaller namanya, marshaller lah yang memberikan komando kepada pilot pesawat terbang untuk memakirkan kendaraan raksasanya ketika pesawat terbang mendarat di landasan pacu. Seorang marshaller, harus benar dan tepat dalam memberikan tanda kepada pilot. Karena untuk memarkirkan pesawat terbang yang memiliki ukuran besar harus berhati-hati. Tidak boleh lengah sedikitpun. Meskipun hanya memakirkan pesawat,Untuk menjadi seorang marshaller dibutuhkan pendidikan khusus. Seorang yang akan menjadi marshaller harus terlebih dahulu mengikuti pendidikan selama satu tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar