Rabu, 12 Maret 2014

FSRD ITB Prodi Seni Rupa S1



Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB (FSRD-ITB) diresmikan pada tahun 1984, setelah mengalami sejarah perkembangan yang panjang sejak 1 Agustus tahun 1947 sebagai Balai Pendidikan Universiter Guru Gambar di bawah Fakultas Ilmu Pengetahuan Teknik Universitas Indonesia di Bandung.
Sejak tahun 1980  Jurusan Seni Rupa terbagi menjadi dua bagian yaitu Bagian Seni Rupa dan Bagian Desain. Bidang studi seni rupa maupun desain mengalami perkembangan yang pesat karena tuntutan kebutuhan dari masyarakat, maka pada tahun 1984 Jurusan seni Rupa ditingkatkan menjadi fakultas tersendiri dengan nama Fakultas Seni Rupa dan Desain

Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki tiga departemen, yaitu :
·         Departemen Seni Murni,
·         Departemen Desain dan
·         Departemen Sosioteknologi.


       Seni Rupa S-1
Program studi Seni Rupa merupakan program bidang seni yang diawali dari pemahaman tradisi “Fine Art” yakni sebuah wacana yang bersumber dari modernisme. Dalam perjalanannya kemudian dikembangkan dalam kesadaran nilai-nilai lokal dan global.

Program studi seni rupa tidak bertujuan praktis, tetapi berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Lingkup pendidikan seni rupa secara garis besar memberikan kemampuan berlatih dan belajar berpikir melalui penalaran deduktif dan induktif secara rupa dengan menggunakan logika rupa yang menghubungkan kepekaan dan struktur, proses kreatif dan sistim perancangan serta kaidah estetik serta pengembangan pada kemampuan keterampilan dan penguasaan bahan serta teknik penunjangnya
Bidang Kajian Seni Rupa
Proses pembelajaran jenjang sarjana bidang seni rupa ditempuh melalui tahap persiapan bersama ( TPB ) selama dua semester/ satu tahun. Tahap ini merupakan wahana pembelajaran bersama bagi seluruh program studi jenjang sarjana di lingkungan FSRD.
Setelah menyelesaikan TPB mahasiswa menempuh tahun kedua dengan memilih bidang kajian yang terdapat pada jalur pilihan utama. Ada enam jalur pilihan yang tersedia, yaitu:
·         Jalur pilihan Seni Lukis,
·         Jalur pilihan Seni Patung
·         Jalur pilihan Seni Grafis
·         Jalur pilihan Seni Keramik,
·         Jalur pilihan Ilmu-ilmu Seni dan Estetika dan
·         Jalur pilihan Intermedia.
Lapangan Kerja Bidang Seni Rupa
Melalui unsur-unsur kemampuan, wawasan, pengetahuan, sikap dan pola perilaku tersebut secara terpadu yang ditempuh selama proses pendidkan berlangsung, lulusan akan memiliki kemampuan berkembang ke berbagai bidang keahlian sesuai bakat dan kecenderungan masing-masing : seniman, pemikir seni, sejarawan seni, kritikus, kurator, pengajar ahali manajemen seni dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar