Rabu, 12 Maret 2014

FSRD ITB Prodi Kriya S1






     Bidang keilmuan yang mempelajari pengetahuan dan keterampilan berkarya rupa yang bertolak dari pendekatan medium, kepekaan estetik, kebutuhan keseharian (utiliatrian) dan mengandalkan keterampilan manual (manual dexterity). Hasil karya kriya dapat mengandung nilai  keunikan konseptual, tema, imajinatif, emosional dan inderawi (visual, tactile, olfactory).

Kriya juga merupakan metoda berkarya sekaligus mendesain produk yang mengutamakan nilai kualitas estetika, fungsional, keunikan, tema, makna dan pesan filosofis. Kriya di ITB lebih difokuslan pada ilmu dan keterampilan dalam menciptakan konsep, bentuk dan gaya (fashion) dalam arti luas dalam industri kreatif . Karya Kriya yang dirancang lebih bersifat eksklusif memiliki nilai tambah dalam berbagai sisi, karena dalam proses pembuatannya mengandalkan keterampilan tangan (handmade).
Pada tahap-tahap akhir mata kuliah studio, mahasiswa lebih diarahkan kerjasama dengan disiplin ilmu lain seperti kimia, arsitekur, interior dan manajemen. Pada konsep lain kriya dapat diproduksi ulang untuk memenuhi kebutuhan dalam jumlah banyak, namun terbatas. Produk Kriya sulit dibajak atau ditiru, karena unik dalam mengunakan material, unik dalam proses penyatuan, unik dalam sentuhan akhir karya, maka tidak ada produk satu dengan yang sama persis dan selalu dinamis.

Jalur Pilihan Minat
  Kriya Tekstil
Mata kuliah Kriya Tekstil :  
Pengenalan DasarPengetahuan Seni Rupa dan Desain, Kreativita dan Humanita, Teknik Gambar, Ragam Hias, Bentuk dan Gaya, Sejarah & Tinjauan  Kriya, Sejarah & Tinjauan desain, Teknik Presentasi Kriya, Sosiologi Kriya, Seni disain dan lingkungan, Wirausaha Kriya (mata kuliah Dasar)
 Pengetahuan Bahan tekstil, Olah Tenun, Gambar Fashion, Olah rajut struktur, Olah Latar tekstil, Olah Celup Rintang, Tekstil serat Alam, Seni serat (matakuliah special)
  Kriya Keramik
Mata kuliah Kriya Keramik :  
 Pengenalan DasarPengetahuan Seni Rupa dan Desain, Kreativita dan Humanita, Teknik Gambar, Ragam Hias, Bentuk dan Gaya, Sejarah & Tinjauan  Kriya, Sejarah & Tinjauan desain, Teknik Presentasi Kriya, Sosiologi Kriya, Seni disain dan lingkungan, Wirausaha Kriya (mata kuliah Dasar)
Bahan Dasar keramik,Teknik  Pembentukan Dasar keramik, Keramik Dekorasi, Teknik Pembuatan Model dan cetakan, Teknik Pembakaran Keramik, Rekayasa Bahan Keramik, Teknik Glasir Keramik, Kriya Keramik (mata kuliah special)

Prospek Kerja Lulusan
o   Kriawan dibidang kriya dan fashion secara profesional dan kreatif ( trend setter, stylist , perancang bentuk dan gaya)
o   Tenaga ahli di pemerintahan (kebijakan dan pengembangan Kriya Nusantara)
o   Pelatih keterampilan dan pengembangan pengetahuan pada industri kriya
o   Pengajar pada bidang pendidikan formal dan non formal di bidang Seni Rupa dan Kriya
o  Wirausaha bidang kriya (kriya fashion, kriya interior dan kriya keseharian/ utilitarian )
o   Peneliti dibidang ilmu kriya untuk pengembangan kebutukan masyarakat luas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar