Jumat, 21 Maret 2014

Merancang Target Pengerjaan Soal SBMPTN



Kuliah di PTN menjadi cita-cita sebagian besar  pelajar Indonesia.  Banyak  factor yang menjadi penyebabnya. Tidak bisa dipungkiri biaya kuliah di PTN masih lebih murah dibandingkan kuliah di PTS.  Disamping masalah biaya, PTN masih   dipersepsi  lebih  berkualitas.  Ini dua diantara penyebabnya.  Maka tak heran  dari tahun ke tahun peserta SBMPTN cenderung meningkat.

Meningkatnya jumlah peserta menyebabkan persaingan menjadi semakin ketat. bukan hanya ketat karena banyaknya peserta, tapi juga ketat dari sisi kualitas peserta. Perlu strategi yang jitu untuk memenangkan pertarungan di ujian seleksi yang paling bergengsi tersebut. Salah satunya yang harus menjadi perhatian semua peserta adalah kemampuan menyelesaikan sejumlah soal yang diujikan.


Di SBMPTN tahun lalu jumlah soal  ada 180, dengan rincian sbb :
·         TPA : 75, Matematika Dasar 15, Indonesia 15, Inggris 15
·         Matematika 15, Fisika 15, Biologi 15, Kimia 15 ( Kelompok Ujian IPA)

·         TPA : 75, Matematika Dasar 15, Indonesia 15, Inggris 15
·         Sosiologi  15, Sejarah  15,  Ekonomi 15,  Geografi 15 (Kelompok Ujian IPS)

Kesalahan Peserta SBMPTN : mengerjakan soal sebanyak-banyak bukan semampunya.

SBMPTN sangat berbeda dengan tes ujian yang lain. Untuk lulus SBMPTN Peserta tidak dituntut untuk mengerjakan semua soal (180). Mereka bisa lulus seleksi bila mengerjakan sejumlah soal untuk sebuah jurusan tertentu. Artinya peserta yang memilih keperawatan UI tidak  dituntut mengerjakan soal, sama jumlahnya dengan peserta yang memilih kedokteran UI. Begitu pula halnya  peserta yang memilih  Akuntansi UI  tidak  harus  mengerjakan soal, sama jumlahnya dengan peserta yang memilih Sastra Suna  UNPAD.

Tapi karena ketidaktahuannya, banyak peserta yang mengerjakan sebanyak-banyaknya meskipun mereka tidak mampu mengerjakannya dengan benar. Akibatnya banyak nilai minus karena setiap jawaban salah bernilai  -1. Akhirnya tabungan nilainya yang dikumpulkannya  berkurang.  Jadi kamu harus memastikan jumlah soal yang dibutuhkan untuk lulus di jurusan kamu dan kamu mampu mengerjakan itu dengan benar.

Kemudian fokuslah  menjawab  soal bidang studi yang kamu kuasai sambil menghindari agar jangan ada soal bidang studi yang lainnya yang kosong/tidak dijawab dengan benar.

Saya kasih contoh ya buat kelompok IPA .
·         Bila kamu ingin lulus di jurusan FK UNAIR maka di SBMPTN kamu minimal harus mengerjakan soal dengan benar sekitar 100 soal dari total soal 180.
·         Rinciannya sbb : TPA nya minimal 50  dari total 75 soal,  Kemampuan Dasarnya (Matdas, Ind, Ingg) minimal  22 dari total 45 soal, dan Kemampuan IPAnya (Mat IPA, Bio, Fis, Kim) minimal 28  dari total 60 soal

Ini contoh buat kamu yang mau pilih IPS
Bila kamu ingin lulus di jurusan Psikologi  UGM  maka minimal kamu harus mengerjakan soal dengan sekitar  85 soal dari total soal 180
        Rinciannya sbb : TPA nya minimal  42  dari total 75 soal,  Kemampuan Dasarnya (Matdas, Ind, Ingg) minimal   15  dari total 45 soal, dan Kemampuan IPSnya (Sos, Sej, Eko, Geo) minimal 28 dari  total 60 soal

Setiap jurusan ada nilai kelulusan masing2. Dan kamu bisa membuat target jumlah soal untuk setiap mata pelajarannya. Insya Allah nanti saya akan berikan nilai kelulusan jurusan yang lainnya.

12 komentar:

  1. kalau ingin lolos arsitektur ITS kira" berapa soal yang harus dijawab benar? dan bagaimana rinciannya kak?

    BalasHapus
  2. kalau ingin lolos jurusan ilmu gizi UB berapa kak kira" soal yg harus dijawab benar? dan bagaiamana juga rinciannya kak?

    BalasHapus
  3. Kalau ingin lolos manajemen unes berapa ka kira2 soal yg harus dijawab benar dan rinciannya?terimakasih

    BalasHapus
  4. kalau mau lolos SAPPK itb brpa ya kira2 makasi

    BalasHapus
  5. kalau mau lolos SAPPK itb brpa ya kira2 makasi

    BalasHapus
  6. kalo mau lolos sbmptn di ilmu komunikasi ui soal yang harus dijawab benar berapa ya? mohon rinciannya

    BalasHapus
  7. Kalo mau lulus sbm peternakan dan sastra prancis kira kira gmn ya cara ngisinya? Presentase pengisiannya?

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Kalau mau lulus akuntansi UNILA (universitas lampung) kira kira harus betul berapa ya kak

    BalasHapus
  10. Kalo lulus fakultas hukum berapa soal ya

    BalasHapus
  11. Kak bagi cara dong gimana ngitungnya

    BalasHapus
  12. Cara paling ampuh : kerjakan soal sebanyak-banyaknya dengan catatan yakin benar dan berdoa pada Allah, plus harus berpikir kalo kita bisa menjadi yg terbaik dari yg terbaik berdasarkan kuota prodi (misal Teknik Kimia UI kuotanya 61 orang, berarti kita harus jadi yg 61 orang terbaik itu), is simple :D

    BalasHapus