Rabu, 12 Maret 2014

Ilmu Psikologi



Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan aplikasinya pada masalah-masalah yang dihadapi manusia. Tujuan mempelajari psikologi adalah agar dapat memberikan penjelasan dan gambaran tentang perilaku manusia sekaligus membuat prediksi tentang kemungkinan terjadinya suatu perilaku serta melakukan modifikasi perilaku.


GELAR
Jenjang pendidikan S1 bisa ditempuh dalam 4 tahun dan gelar yang diperoleh adalah Sarjana Psikologi (S.Psi). Untuk menjadi psikolog, seorang sarjana psikologi harus melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 2 Program Magister.

Mata kuliah Jurusan Psikologi :
Metodologi Penelitian dan Statistika , Psikologi Pendidikan , Psikologi Belajar , Psikologi Perkembangan , Psikologi Sosial , Psikologi Industri Organisasi, Kepribadian , Lintas Budaya, Pengantar Pengukuran Psikologi , Psikologi Kognitif , Metode Observasi dan Wawancara, Psikologi Media  Psikologi Abnormal, Teori Perkembangan, Psikopatologi Anak, Psikologi Pendidikan Terkini, Psikologi Sekolah, Psikometri,, Psikologi Konsumen, Psikologi SDM, , Psikologi Klinis dan Kesehatan, Diri dalam kehidupan Sosial, Hubungan Interpersonal, Perkembangan Anak Usia Dini , Metode Pengukuran Bakat & Intelegensi , Psikologi Abnormal , Psikologi Organisasi , Psikologi Kerja , Asesmen Klinis , Konstruksi Alat Ukur Psikologis , Metakognisi , Motivasi Pendidikan

PELUANG KERJA LULUSAN PSIKOLOGI
Setelah menyelesaikan studi di Fakultas Psikologi, mahasiswa dapat memiliki pilihan beragam untuk karir masa depan mereka, meliputi:
·         Asisten psikolog
·         Staf dan manajer di Departemen Sumber Daya Manusia
·         Staf konsultan yang mengkhususkan diri di bidang psikologi
·         Dosen dan peneliti
·         Konselor
·         Fasilitator dalam pengembangan masyarakat
·         Asisten peneliti
·         Fasilitator dan motivator dalam pelatihan
·         Administrator tes psikologis
·         Bisnis
·         Pegawai pemerintah (manajerial, posisi non peneliti)
·         Pemasaran, penjualan dan iklan, serta bidang-bidang lainnya yang terkait dengan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar