Rabu, 12 Maret 2014

FSRD ITB Prodi Desain Komunikasi Visual S-1




Program studi Desain Komunikasi Visual adalah program studi yang berlandaskan pada ilmu desain berbasis komunikasi visual dan estetika yang memanfaatkan serta memberdayakan elemen-elemen visual/rupa sebagai alat untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan suatu pesan atau informasi yang akan dikomunikasikan agar pesan tersebut dapat mempengaruhi dan merubah perilaku sasaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan


Mengapa komunikasi visual?
Pada tahun 1977,Gert Dumbar seorang desainer belanda memperkenalkan istilah semiotika dan komunikasi visual. Karena menurutnya desain grafis tidak hanya menangani desain untuk percetakan tetapi juga moving image, display dan pameran. Akhirnya di tahun 1979, mulai dipakai istilah desain komunikasi visual menggantikan istilah desain grafis. Tetapi baru pada tahun 1980-an orang mulai terbiasa memakai istilah itu. Bahkan institusi lain seperti ISI sekarang memakai istilah tersebut.
Kurikulum berkembang terus tanpa mengubah visi dan misinya. Desain Komunikasi Visual ITB berusaha menghasilkan konseptor komunikasi visual, karena itu kurikulum lebih ditekankan pada wawasan konseptual dari karya. Untuk mendukung hasil yang maksimal, pengetahuan teknis juga diperkenalkan pada para siswa untuk mengikuti perkembangan teknologi. Yang terus dilatih adalah daya adaptasi lapangan.

Program Studi Desain Komunikasi Visual  menawarkan tiga jalur pilihan minat, yang dapat dipilih sendiri oleh mahasiswa, saat memasuki semester ke 6:
·         Desain Grafis (DG)
·         Multi Media (MM)
·         Komunikasi Visual Periklanan / Advertising

PROSPEK KERJA
Alumni  Desain Komunikasi Visual  ITB saat ini terserap  pada berbagai lapangan kerja, diantaranya :
           Biro Desain (Graphic House : le boye, ad value, integra dsb)
           Biro iklan (Advertising : ogilvy, mc Caan, fortune dsb)
           Percetakan dan penerbitan (Gramedia, Tempo dsb)
           Rumah produksi multi media (BDI, AvantGarde, dsb)
           Biro Animasi (Red Rocket, dsb)
           Pertelevisian  (RCTI, SCTV, TRANS, TPI dsb)
           Humas  / public relation lembaga swasta dan  pemerintah.
           Wiraswasta dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar