Selasa, 11 Maret 2014

Teknik Mesin dan Biosistem




Jurusan yang mempelajari dan mengembangkan ilmu keteknikan dan penerapannya untuk pengembangan model, mesin, dan proses yang berkaitan dengan sistem biologik yang berkelanjutan dalam bidang pertanian dan pangan. Teknik Mesin dan Biosistem itu bukan hanya belajar mesin, tapi juga pertanian, pengolahan, sipil, lingkungan, dan juga manajemen serta IT nya. Teknik Mesin dan Biosistem  berbasis  pada matematika dan fisika


Para sarjana Teknik Mesin dan Biosistem lah yang membuat penduduk di bumi (yang terus menerus bertambah) akan terpenuhi kebutuhan hidupnya, mendapatkan cukup makanan sehat dan air bersih yang berlimpah, mendapatkan tempat berteduh dan pakaian yang memadai, berlimpah dengan energi dan sumber energi terbarukan, dan hidup di lingkungan yang sehat. pengalaman yang akan menyiapkan lulusannya memiliki multi disiplin ilmu dan keterampilan yang bisa bekerja di banyak bidang.

Antara lain di industri peralatan, industri pengolahan pangan dan hasil pertanian, perusahaan perkebunan, perbankan dan lembaga keuangan, lembaga pendidikan, bidang media, lembaga/badan/departemen pemerin­tahan, lembaga penelitian.


Berikut Mata kuliah yang dipelajari :
Semester  3: Dasar-Dasar Agronomi, Kalkulus II, Pemograman Teknik, Mekanika Fluida, Pengetahuan Bahan Teknik, Perbengkelan, Karakteristik Teknik Bahan Pertanian, Instrumentasi dan Kontrol.
Semester 4: Ilmu Ukur Wilayah, Kekuatan Bahan, Mekanika Teknik, Termodinamika dan Pindah Panas, Matematika Teknik, Gambar Teknik, Elemen Mesin.
Semester 5: Hidrologi Teknik, Kewirausahaan Teknik, Prak. Terpadu Mekanika dan Bahan Teknik, Statistika Teknik , Ekonomi Teknik,  Motor dan Tenaga Penggerak, Lingkungan dan Bangunan Pertanian, Sistem dan Manajemen Mekanisasi Pertanian.
Semester 6: Teknik Mesin Budidaya Pertanian, Teknik Mesin Irigasi dan Drainase , Teknik Pengolahan Pangan, Teknik Pengolahan Hasil Pertanian, Teknik Informatika Pertanian, Energi dan Listrik Pertanian, Metode Penulisan dan Penyajian Ilmiah.
Mayor Pilihan (pilihan 2 Matakuliah): Dasar Teknik Proses Biosistem, Ergonomika dan Keselamatan Kerja, Manajemen Tenaga dan Mesin Pertanian.
Semester 7: Rancangan Teknik, Rancangan Alat dan Mesin, Teknologi Greenhouse dan Hidroponik,
Matakuliah Mayor Pilihan & Supporting Course  (pilihan 3 m.k): Teknologi Robotik, Teknik Pascapanen, Hubungan Tanah dan Alsintan, Teknik Pendinginan, Teknik Konversi Energi Terbarukan, Audit Energi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar