Sabtu, 29 Maret 2014

Teknik Mesin

Program Studi Teknik Mesin bertujuan menghasilkan sarjana teknik mesin yang memiliki dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan professional dalam bidang teknik mesin sehingga mampu beradaptasi serta mengembangkan diri dalam perkembangan ilmu dan teknologi baru. Dalam program sarjana, seorang mahasiswa harus menyelesaikan minimal 144 kredit dalam waktu 8 semester


Kelompok Keahlian :
  • ·         Kelompok Keahlian Perancangan Mesin memiliki bidang kajian dan pengembangan dalam perancangan teknik dan ilmu rekayasa, dinamika dan kontrol, serta perawatan prediktif berbasis analisis sinyal getaran.
  • ·         Kelompok Keahlian Konversi Energi memiliki kajian dan pengembangan ilmu di bidang konversi energi antara lain teknik termo-fluida, pembangkit tenaga, computational fluid dynamics, renewable energy / biomass dll.
  • ·         Kelompok Keahlian ilmu dan teknik material memiliki kajian dan pengembangan ilmu dan teknologi di  bidang pengolahan material dan penemuan material baru.
  • ·         Kelompok Keahlian Teknik Produksi Mesin memiliki kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang teknik produksi/manufaktur, kontrol kualitas produk, otomasi dan sistem manufaktur, robotika dan numerical control.


MATA KULIAH :
Pengantar Teknik Mesin, Gambar Mesin, Matematika Teknik, Analisis Numerik & Pemrograman, Gambar Mesin Berbasis Komputer, Mekanika Kekuatan Material, Kinematika, Termodinamika Teknik I, Termodinamika Teknik II,  Mekanika Fluida, Teknik Tenaga Elektrik, Getaran Mekanik Dasar, Metrologi Industri & Statistika, Pengantar Sistem Kontrol, Perawatan Mesin, Management & Ekonomi Kerekayasaan

Prospek Kerja
Lulusan teknik mesin dapat berperan di bidang pembangkitan, pemanfaatan, dan konservasi energi, seperti misalnya pembangkit listrik (PLTA, PLTG, PLTU, dan PLTD); perancangan sistem pemanas, pengkondisian udara, serta pendingin dan krionegika (cryogenics). Selain itu, lulusan teknik mesin dapat pula berperan dalam bidang rekayasa industri, bidang transportasi, industri otomotif, mesin fluida, mesin dan peralatan industri, peralatan di industri proses (misalnya migas dan kimia), industri peralatan rumah tangga, dan sebagainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar